Friday, March 22, 2019

Tutorial Instalasi dan Konfigurasi Codeigniter Dengan Mudah Part 1

Tutorial instalasi dan konfigurasi codeigniter dengan mudah



Agar dapat menggunakan codeigniter, ada sejumlah komposisi dasar yang perlu Anda kerjakan. Instalasi dan komposisi codeigniter sangat gampang. Pada kesempatan ini silahkan kita bersama sama menyiapkan file proyek codeigniter kita.

1. Menyiapkan Situs Server
PHP ialah bahasa pemrograman situs yang jalan disamping server. Oleh karenanya agar bisa jalankan web yang dibikin dengan memakai bahasa pemrograman PHP, karena itu di computer adiks harus terinstall program situs server yang memberikan dukungan PHP. Agar semakin gampangnya kita akan memakai program XAMPP.

2. Instalasi Codeigniter
Walau kita di sini memakai istilah instalasi, tapi pada intinya yang perlu kita kerjakan hanya meng-copy folder program codeigniter ke folder htdocs dari situs server yang sudah diinstal awalnya.

Untuk mengawali instalasi codeigniter, langsung saja kita unduh file program codeigniter-nya di http://www.codeigniter.com. Seterusnya extract kulit manggis file codeigniter nya di folder Root situs server adiks, yang standar ada di C:xampphtdocs (untuk yang memakai windows). Agar semakin mempermudah tugas kita silahkan ganti nama folder Codeigniter-3.1.3 jadi codeigniter saja, hingga folder kerja kita ialah semacam ini C:xampphtdocscodeigniter.

instalasi dan komposisi codeigniter
susunan folder codeigniter
Dalam folder program codeigniter ada banyak folder. Folder application ialah folder kerja kita di mana akan ditempatkan file Controller, Mode, dan View nanti. Folder sistem sebagai folder di mana file-file library codeigniter disimpan hingga kita tidak sentuh satu juga file yang ada dalam folder ini. Dan folder user_guide berisi file dokumentasi mengenai pemakaian beberapa fungsi codeigniter.

3. Komposisi Dasar Codeigniter
Meskipun codeigniter bisa jalan dengan komposisi standar-nya, tapi untuk membuat suatu program yang real kita tetap harus lakukan komposisi minimal di bagian base_url dan router karena penataan ini akan bermanfaat pada proses pembangunan program kita yang hendak banyak memakai helper dan library codeigniter. File-file komposisi codeigniter berada dalam folder application/config. Silahkan kita membuka file config.php dan menge-set base_url kita. Lihat pada baris ke 26 di file config.php. Gantilah jadi seperti pada bawah:
$config['base_url'] = 'http://localhost/codeigniter';

Selanjutnya taruh perubahan pada filenya. Lantas membuka situs browser  dan tuliskan http://localhost/codeigniter. Bila ada penampilan seperti gambar di bawah memiliki arti komposisi dasar codeigniter yang kita kerjakan sukses.


Sampai disini dulu Tutorial Instalasi dan Konfigurasi Codeigniter Dengan Mudah Part 1 ya guys.

Tetep Semangat ya Belajarnya


Load disqus comments

0 komentar